Sunday, October 30, 2016

INVITA 2016 - Trip to Jogja, Solo - SMP Labschool Jakarta [part 1]

Kami memulai perjalanan pada hari Rabu, 19 Oktober 2016. Kami berkumpul di pintu utara stasiun Gambir mulai pukul 17.30. Sembari menunggu kereta untuk datang, kami menjamak shalat maghrib dan isya terlebih dahulu dan kemudian melakukan briefing sejenak. Kami naik ke atas untuk naik ke gerbong masing-masing pukul 20.00 dan setelah beberapa menit, akhirnya kereta pun mulai berjalan menuju Jogja.

Beberapa saat setelah kereta melaju, kami dibagikan makan malam dan kemudian snack malam berupa piza. Perjalanan delapan jam menggunakan kereta terasa begitu meriah diwarnai candaan teman-teman, hingga tiba waktu mendekati tengah malam dan guru pun mengarahkan kami untuk tidur. Alih-alih tidur, beberapa siswa malah memfoto teman-teannya yang sedang tidur hingga akhirnya ketahuan dan membuat mereka dihukum. Ckckck jangan ditiru ya :))

Tak terasa, sekitar pukul tiga pagi kami tiba di stasiun Tugu. Kami yang masih mengantuk dipaksa bangun dan melanjutkan aktivitas yaitu mandi, berganti baju, shalat dan kemudian sarapan. Karena jumlah kamar mandi yang kurang mencukupi, beberapa siswa menggunakan kamar mandi VIP untuk mengejar ketinggalan dengan biaya operasional sebesar lma ribu rupiah. *mahal gak ya? Ada ada saja ya…* Kemudian kami menunaikan ibadah shalat subuh dan kemudian sarapan.

Setelah selesai kami kemudian melanjutkan perjalanan menuju Sabila Farm. Dikarenakan prjalanan yang cukup jauh, kami memilih untuk tidur selama perjalanan agar tidak merasa lelah selama kegiatan berlangsung. Sesampainya di Sabila Farm, kami diajarkan mengenai pertanian dan kisah Sabila Farm, juga tentunya melihat langsung pohon-pohon buah naga yang dikembang-biakkan disini. Ternyata buah naga tidak hanya merah dan putih tetapi masih ada banyak yang lain. Selain buah naga juga banyak tanaman yang ditumbuhkan disini. Kalau teman-teman penasaran bisa cekidot sendiri ya.

Setelh mengunjungi Sabila Farm, kami melanjutkan perjalanan ke Solo, tepatnya ke PT. Sritex Indonesia Tbk. *atau apalah itu namanya* disana merupakan tempat pembuatan mulai dari kapas dan kemudian menjadi sebuah baju yang utuh. Jangan salah ya teman-teman, produk Sritex ini tak hanya digunakan oleh Indonesia lho, melainkan menyuplai seragam militer untuk beberapa negara di dunia, tentunya dengan segala kualitas dan kelebihannya, seperti waterproof bahkan anti radiasi nuklir. Wah, keren kan. Kami juga diputarkan sebuah film mengenai perjalanan PT Sritex ini mendunia lho guys. Pokoknya keren deh.

Setelah itu kami melanjutkan kembali perjalanan, untuk sebelumnya berhenti di Masjid Agung Bantul untuk menjamak shalat dzuhur dan ashar. Awalnya kami bermaksud melanjutkan perjalanan ke Jogja. Tetapi dikarenakan kondisi yang hujan kami menundanya untuk besok pagi dan menuju ke tempat pebuatan kaos, dan setelah itu makan malam. Setelah makan malam kami pun check-in ke kamar hotel dan kemudian beristirahat.

Esoknya kami mengunjungi Kraton Yogyakarta dan melakukan tour seputar wilayah kraton. Guidenya menceritakan sejarah jogja dengan cara yang unik dan enak didengr lhoh, jadi kalian gak bakal bosen dengernya. Memang panas sih, makanya disarankan beli kipas dulu ya teman. But don’t worry di dalam kraton ada yang menjual minuman juga kok.

Setelah ke Kraton yang ternyata dekat banget sama hotel kita dan malah diajak muter-muterdulu, kita ke desa wisata Giriloyo untuk membatik. Seru banget lhoh teman. Jadi disini kami diajarkan bagaimana cara membatik mnggunakan canting dan malam. Nanti hasil karya kita juga boleh dibwa pulang, buat kenang-kenangan. Selain itu, ibu-ibu yang mengajarkan juga ramah. Kami juga melihat proses bagaimana bisa menjadi sebuah batik yang utuh melalui berbagai tahap.

Setelah itu kami menuju Pantai Parangtritis. Setelah sampai, kami langsung asyik dengan berbagai aktivitas sendiri seperti bermain ATV, naik kuda atau sekedar bermain di air sambil foto-foto. Karena waktu kami tidak banyak, sekitar pukul lima lewat kami menyudahkan aktivitas di pantai untuk segera melanjutkan perjalanan ke Malioboro. Seesampainya disana, kami diberi waktu hingga pukul 22.00 untuk berjalan-jalan di kawasan Malioboro dan berbelanja oleh-oleh, untuk setelahnya kembali ke hotel untuk packing dan istirahat.